Iklan

Friday 17 February 2017

Game Playstation 2 Terbaik

Hingga saat ini, PlayStation 2 masih menjadi konsol game dengan penjulan terbaik. Mesin game generasi kedua milik Sony ini telah terjual 150 juta unit.

Diluncurkan sejak tahun 2000, PlayStation 2 bahkan masih tetap diproduksi lebih dari satu dekade atau tepatnya hingga tahun 2013. Tak heran, dengan rentan waktu yang selama itu, konsol ini telah melahirkan berbagai macam judul game menarik.

Lalu apa saja yang menjadi game terbaik di era PlayStation 2? Berikut lima game terbaik PlayStation 2 dirangkum Oleh Ane dari berbagai sumber.


1. Gran Turismo 4


Waralaba game simulasi balap yang satu ini memang sudah terkenal dan masih bertahan sampai saat ini. Bahkan mantan jurnalis Top Gear, Jeremy Clarkson pernah memujinya di sebuah artikel.'

"Mereka bahkan bisa merefleksikan perbedaan antara Mercedes SL 600 dan Mecedes SL 55 secara akurat, di mana itu sangat sulit dilakukan di kehidupan nyata," pujinya di The Sunday Times.

Game eksklusif PlayStation ini memulai dengan judul Gran Turismo yang rilis tahun 1997 silam. Berlanjut hingga era PlayStation 2, Sony merilis seri ke empat bertajuk Gran Turismo 4 didapuk menjadi salah satu game terbaik di masanya.

Selain gameplay yang disebut akurat dengan cara mengemudi mobil sesungguhnya, grafis yang ditawarkan sangat memukau. Bahkan untuk ukuran game di tahun 2004, Gran Turismo 4 memiliki grafis yang mendekati nyata kala itu.


2. Metal Gear Solid 3: Snake Eater



Tak dipungkiri, seri game Metal Gear bisa disebut sebagai seri game yang populer dan tenar di kalangan gamer. Game ini pun telah malang melintang di berbagai generasi platform, mulai dari Microsoft MSX, NES, hingga platform konsol next-gen PlayStation 4 dan Xbox One.

Di PlayStation 2, game ini hadir dengan empat judul. Dari empat judul tadi, terjadi perdebatan, mana yang lebih bagus antara Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty atau Metal Gear Solid 3: Snake Eater. Namun, pada akhirnya banyak yang sepakat bahwa seri ketiga menjadi yang terbaik.

Sama seperti game Metal Gear pada umumnya, Metal Gear Solid 3: Snake Eater menggabungkan kekuatan action dan stealth, sehingga membuat greget gamer yang memainkannya. Dari segi cerita, Konami dan Hideo Kojima yang kala itu masih bergabung, mampu mengemas cerita dengan apil.


3. God of War 2



Seri God of War memulai debutnya di era PlayStation 2 dengan judul God of War yang rilis di tahun 2005. Dua tahun setelah itu atau tepatnya pada tahun 2007, Sony Santa Monica Studio kembali merilis sekuel berjudul God of War 2.

Masih bercerita mengenai petualangan Kratos di mitologi Yunani, Gof War 2 didapuk sebagai seri terbarik God of War di era PlayStation 2. Sekaligus menjadi satu dari sekian banyak judul game PlayStation 2 terbaik.

God of War 2 mengusung genre action-adventure dengan sudut pandang orang ketiga. Sang tokoh utama, Kratos, tak lain seorang demi-god (setengah manusia, setengah dewa) yang membangkang dari ayahnya, Zeus.

Selain menawarkan alur cerita yang menarik dengan bumbu-bumbu mitologi Yunani, God of War 2 juga menghadirkan gameplay yang tak kalah seru dengan game lainnya. Sebagai jagoan, Kratos mampu mengambil kekuatan musuh yang telah dikalahkannya. Beragam puzzle pun dihadirkan untuk menambah keseruan game.


4. Final Fantasy X


Serial game yang satu ini sudah tak perlu ditanya lagi eksistensinya. Hampir berbagai platform dan era Final Fantasy hadir. Khusus era PlayStation 2, Square Enix membuka dengan judul Final Fantasy X yang kemudian menjadi salah satu judul terbaik di PlayStation 2.

Sama seperti serial Final Fantasy lainnya, seri ke-10 ini mengusung genre permainan RPG (role playing game) dengan sistem pertempuran menggunakan Conditional Turn-Based Battle (CTB) menggantikan sistem Active Time Battle (ATB). Tokoh utama dalam game ini bernama Tidus yang tinggal di sebuah dunia bernama Spira.

Pengembangan Final Fantasy X ini memakan waktu yang cukup lama, yakni tiga tahun dengan biaya lebih dari USD 32 juta atau sekitar Rp 416 miliar dan melibatkan tim sekitar 100 orang. Game ini terbukti sukses dan diterima baik oleh gamer. Malahan, dibuat dalam bentuk remastered untuk PlayStation 4.


5. Kingdom Hearts



Gamer PlayStation 2 mana yang tak tahu dengan game Kingdom Hearts. Game J-RPG (Japanese Role Playing Game) ini menggabungkan dua dunia yang hampir mustahil untuk dilakukan, yakni Disney dan Final Fantasy.

Tak heran sepanjang permainan Anda akan menemukan tokoh dari kedua waralaba ternama itu, semisal Mickey Mouse, Goofy, Donald Duck, dan deretan karakter dari serial Final Fantasy. Tokoh utamanya sendiri bernama Sora merupakan seorang bocah berkemampuan magic dengan senjata bak kunci.

Kingdom Hearts jilid pertama rilis pada tahun 2002 dan mendapat review bagus dari sejumlah media. Sampai saat ini Kingdom Hearts sudah hadir dengan berbagai judul sekuel dan mampir di berbagai macam platfrom, termasuk game mobile. Versi terbarunya Kingdom Hearts HD 2.8 Final Chapter Prologue akan rilis di tahun 2017.(mag/ash)

No comments:
Write comments